.. waiting...
Logo
Senin, 21 Agustus 2017
Selamat atas diraihnya Piala Wahana Tata Nugraha (WTN) kali ketiga Tahun 2014 kategori lalu lintas oleh Pemerintah Kabupaten Pacitan icon Pelayanan online yang bisa dilakukan meliputi pendaftaran pengujian kendaraan, ijin insidentil, kartu pengawasan, rekomendasi pengujian dan trayek icon Dalam rangka kemudahan pelayanan bidang perhubungan portal informasi Dinas Perhubungan Komunikasi dan informatika Kabupaten Pacitan menyediakan secara online icon Selamat datang website Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pacitan icon Sedikit Empati Dapat Menyelamatkan Orang Lain, Keselamatan dan Keamanan Transportasi Merupakan Tujuan Bersama
Berita

Pengujian Kendaraaan Bermotor Segera Bersiap Berkembangnya Angkutan Berbasis Online

Ditulis oleh Administrator, pada 02 Mei 2016 09:31 WIB

Keberadaan pengujian kendaraan bermotor di kabupaten/kota segera bersiap dengan berlakunya PM 32 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek. Hal tersebut disebabkan karena kehadiran perusahaan angkutan umum tidak dalam trayek nantinya akan mengoperasikan ribuan kendaraan. Kesiapan yang dilakukan untuk menghadapi menjamurnya angkutan umum derngan berbasis teknologi informasi oleh Dinas Perhubungan Kabupaten/kota berupa penyediaan fasilitas untuk melakukan uji berkala kelayakan kendaraan atau uji kir. Sesuai penekanan dari Direktur Jenderal Perhubugan Darat Kementerian Perhubungan kesiapan yang harus dilakukan oleh dishub bukan hanya pada penyediaan perlatan uji saja melainkan juga kesiapan sumber daya manusia (SDM).

Sebagaimana diketahui, UBER dan GRAB telah memposisikan sebagai perusahaan penyedia aplikasi berbasis teknologi informasi. Artinya, untuk menjadi perusahaan angkutan umum tidak dalam trayek, mereka harus bekerjasama dengan pihak lain yang memiliki badan hukum, baik itu Perusahaan Terbatas, Yayasan atau Koperasi.
saat ini UBER telah menggandeng Trans Jasa Usaha Bersama (TJUB). Mitra UBER ini telah mendaftarkan 8.000 kendaraan, meski dalam progress pemenuhan persyaratan sebagaimana yang disampaikan kepada Dirjen Perhubungan darat baru 375 kendaraan yang telah menyatakan kesediaan untuk balik nama.

Sedangkan Perusahaan Pengusaha Rental Indonesia (PPRI) yang menjadi mitra GRAB mengklaim ada 5.000 unit kendaraan yang akan dijadikan kendaraan sewa, meskipun hingga progress pemenuhan persyaratan sudah 3.500 STNK yang akan dibalik nama menjadi milik perusahaan atau koperasi dari yang sebelumnya atas nama pribadi. Jika dua perusahaan itu mewujudkan rencananya, maka akan ada sekitar 13.000 kendaraan bermotor umum tidak dalam trayek. Karena nantinya akan digunakan untuk mengangkut penumpang, maka seperti kendaraan umum lainnya, kendaraan ini juga harus dilakukan uji kelayakan kendaraan atau kir, setiap enam bulan sekali.

Dengan Demikian lembaga penguji yang dimiliki Dishub siap apa tidak karena yang ada sekarang saja keteteran. Ke depan, Ditjen Perhubungan Darat akan melakukan koordinasi dengan Polri dan Dishub untuk mendata dan menata ini semua, dalam rangka membenahi dan meningkatkan kualitas angkutan umum secara keseluruhan, agar ke depan masyarakat dapat terlayani dengan perasan aman, nyaman dan selamat.


Kepala Dinas
Photo
Ir. WASI PRAYITNO, M.Sc
196307301989101001
Kalender
Berikut daftar nomor kendaraan bermotor yang telah terdaftar pada antrian PKB untuk hari ini.
21 Agustus 2017
Web Statistik
Hari ini
27
Pengunjung
Bulan ini
2660
Pengunjung
Tahun ini
22317
Pengunjung
Total
86495
Pengunjung